Fans Page

Selasa, 27 September 2011

Enzim dan Katabolisme

Seluruh makhluk hidup memiliki ciri melakukan proses metabolisme, dan proses metabolisme akan berjalan dengan baik jika ada enzim sebagai biokatalisator. Berikut ini bahasan tentang enzim dan katabolisme .

ENZIM 









Bagaimanakah tahap - tahap respirasi aerob ???

Respirasi aerob terdiri atas 3 tahap yaitu :

1. Glikolisis ( terjadi di sitoplasma ), adalah proses pemecahan 1 molekul glukosa ( 6 C ) menjadi 2 molekul asam piruvat ( 3 C ), 2 ATP , dan 2 NADH (akseptor ion H ).
2. Siklus Krebs ( terjadi di mitokondria )
Sebelum memasuki siklus Krebs, 2 molekul asam piruvat ( 3 C ) akan mengalami dekarboksilase asam piruvat / pengurangan atom C dari asam piruvat menjadi 2 molekul asetil koenzim-A ( 2 C ), 2 molekul CO2 dan 2 NADH.
Selanjutnya 2 molekul asetil ko-A ( 2 C ) akan memasuki siklus Krebs dan dipecah menjadi 4 molekul CO2 ( 1 atom C ), 6 NADH, 2 ATP dan 2 FADH2.
3. Sistem Transfer Elektron Respirasi ( terjadi di membran dalam mitokondria )
Pada sistem transfer elektron respirasi terjadi transfer elektron / ion H yang terikat pada NADH dan FADH2 ( akseptor elektron ) melalui sistem membran mitokondria ,dibantu enzim yang disertai pembentukan H2O ( hasil reaksi ion H dengan O2) dan pembebasan energi ATP.
Untuk setiap molekul NADH mentransfer elektronnya pada O2 , dibebaskan 3 ATP ( jadi 10 NADH membebaskan 30 ATP ), sedangkan untuk setiap molekul FADH2 mentransfer elektronnya pada O2 membebaskan 2 ATP ( jadi 2 FADH2 membebaskan 4 ATP ).

Berikut ulasannya :




0 komentar:

Posting Komentar

Jazakumullah Khoir

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More