Fans Page

Sabtu, 01 Oktober 2011

Mengenal Sekilas Azeotrop

Azeotrop merupakan campuran dari dua atau lebih larutan (kimia) dengan perbandingan tertentu , dimana komposisi ini tetap / tidak bisa diubah lagi dengan cara destilasi sederhana. Kondisi ini terjadi karena ketika azeotrop di didihkan, uap yang dihasilkan juga memiliki perbandingan konsentrasi  yang sama dengan larutannya semula akibat ikatan antar molekul pada kedua larutannya.
Azeotrop positif
 Jika titik didih campuran azeotrop kurang dari titik didih salah satu larutan konstituennya, contoh campuran 95,63 etanol dan 4,37 % air, etanol mendidih pada suhu  78,4 OC sedangkan air mendidih pada suhu 100 OC, tetapi campurannya/azeotropnya mendidih pada suhu 78,2 OC.
azeotrop positif

Azeotrop Negatif
 Jika titik didih campuran azeotrop lebih dari titik didih konstituennya atau salah satu konstituennya. Contoh campuran asam klorida pada konsentrasi 20,2 % dan 79,8 % air. Asam klorida (murni) mendidih pada suhu -84OC, tetapi campuran azeotropnya memiliki titik didih 110OC.
azeotrop negatif

Selesai ditulis di Surabaya pada 27  September 2011
Oleh Supriyono
Merujuk dari Chemical Engineering Thermodynamics by Smith,Van Ness,Abbot

3 komentar:

Assalamu'alaykum.
Copas buat baceman praktikum ya..

Wa'alaykumsalam.
Silahkan.. disertakan sumbernya ya..
Lok tidak ada sumbernya ntar dimarahi um asisten. hehe. . :-)

As reported by Stanford Medical, It's in fact the SINGLE reason women in this country get to live 10 years more and weigh an average of 42 lbs less than we do.

(And realistically, it has NOTHING to do with genetics or some secret exercise and really, EVERYTHING to related to "how" they eat.)

BTW, I said "HOW", and not "WHAT"...

CLICK this link to determine if this quick quiz can help you unlock your real weight loss potential

Posting Komentar

Jazakumullah Khoir

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More