Fans Page

Kamis, 18 Agustus 2011

Software Tabel Periodik Unsur

Sistem tabel periodik unsur merupakan suatu sistem pengelompokkan unsur yang berdasarkan pada sifat fisis dan kimia yang diurutkan menurut kenaikan nomor atom. Melalui pelajaran Kimia di sekolah tingkat menengah, unsur – unsur mulai diperkenalkan baik lambang atom, nama unsur, nomor atom, massa atom relatif, dan lain-lain. Pengenalan unsur ini merupakan dasar dari penguasaan materi Kimia sebelum menginjak pada topik materi kimia yang lebih kompleks lagi.

Sekarang sudah tersedia software tentang tabel periodik unsur yang dikembangkan oleh Paul Alan Freshney dengan alamat website www.freshney.org. Software tersebut dengan titel Periodic Table Classic yang memuat berbagai data unsur seperti data fisis maupun kimia, sejarah penemuan, penamaan unsur, sumber mineral, kegunaan, gambar unsur, dan sebagainya. Untuk memudahkan siswa mempelajari konfigurasi elektron, bilangan kuantum, jari atom, dan jumlah elektron masing-masing kulit juga tersedia di software ini. Kita tinggal klik salah satu unsur yang diinginkan pada tabel periodik, maka akan muncul data yang berkaitan dengan unsur tersebut.

Software tabel periodik ini dapat diunduh secara gratis dari alamat website http://www.freshney.org lalu instal pada komputer. Penggunaan software ini hanya untuk kebutuhan pendidikan saja.

Diharapkan para pelajar dan pendidik yang menekuni kimia dapat dengan mudah mempelajari dan mengembangkan kimia untuk kehidupan.

 
Referensi

HAM, Mulyono. 2008. Kamus Kimia. Jakarta : Bumi Aksara.

Periodic Table Classic. © Paul Alan Freshney. (Diakses dari
http://www.freshney.org).

5 komentar:

Cara instalnya bagaimana mas??

Lok downloadnya dapat kompresan harus diekstrak dulu baru diinstal..
Lok dapat yang tidak kompresan bisa langsung diinstal

Syukron mas..
Mantab mas ini :-D

Biasa saja.. jangan berlebihan memuji ane..

mesti merendah mas ini.. :-D

Posting Komentar

Jazakumullah Khoir

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More